MAKALAH
MEDIA
PEMBELAJARAN PAI
“JENIS,KARAKTERISTIK, DAN KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN”
DOSEN
PEMBIMBING: Muhammad Nuzli, S.PdI
Di
susun oleh:
Kelompok
V
Lokal
IVA
1.
MUTMAINNAH
T.PAI.I.2012.045
2.
MASKINA
T.PAI.I.2012.
3.
RINGGO
T.PAI.I.2012.
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
SYEH
MAULANA QORI
BANGKO
TAHUN
AKADEMIK 2013/ 2014
PENDAHULUAN
A.
Latar elakang
Media pembelajaran merupakan
komponen intruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dengan
masuknya berbagai pengaruh ke dalam dunia pendidikan, media pembelajaran terus mengalami
perkembangan dan terampil dalam berbagai jenis dan format, dengan masing-masing
ciri dan karakteristiknya. Dari sinilah kemudia timbul usaha-usaha untuk
melakukan klasifikasi atau pengelompokan media yang mengarah pada pembuatan taksonomi
media pendidikan ataupun pembelajaran.
Berdasarkan pemahaman atas
klasifikasi media pembelajaran akan mempermudah para guru atau praktisi lainnya
dalam melakukan pemilihan media yang tepat pada waktu merencanakan pembelajaran
untuk mencapai tujuan tertentu dan menekan kegagalan dalam pembelajaran.
Pemilihan media yang disesuaikan dengan tujuan, materi, serta kemampuan dan
karakteristik belajar, akan sangat menunjang efisiensi dan efektifitas proses
dan hasil pembelajaran.
B.
Rumusan Masalah
1.
Sebutkan
jenis-jenis media pembelajaran !
2.
Uraikan
klasifikasi media pembelajaran !
3.
Jelaskan
karakteristik media pembelajaran !
BAB II
Jenis, Karakteristik, dan
Klasifikasi Media Pembelajaran
A.
Jenis Media Pembelajaran
Meskipun sudah banyak ragam dan format
media yang dikembangkan dan diproduksi untuk pembelajaran, namum pada dasarnya
media tersebut dapat di kelompokkan menjadi empat jenis,[1]
yaitu sebagai berikut :
a.
Media audio
Media audio adalah jenis media yang digunakan dalam proses
pembelajaran dengan hanya melibatkan pendengaran peserta didik.
b.
Media visual
Meida visual adalah jenis media yang dugunakan hanya mengandalkan
indera penglihatan semata.
c.
Media
audio-visual
Media audio-visual adalah jenis media yang digunakan dalam kegiatan
pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu
proses.
d.
Multimedia
Multimedia yaitu media yang melibatkan berbagai indera dalam satu
kegiatan pembeljaran.
B.
Karakteristik
Media Pembelajaran
Media audio
Karakteristik media audio berdasarkan kemampuan
media dalam membangkitkan rangsangan indra pendengaran. Ciri utama dari media ini adalah
pesan yang disalurkan melalui media audio dituangkan dalam lambang auditif, baik
verba (kedalam kata-kat/bahasa lisan) maupun nonverbal.[2]
Beberapa jenis dari media yang dapat dikelompokkan dalam media
audio antara lain : Radio, alat perekam pita magnetic. Piringan hitam, dan
laboratorium bahasa.
Media visual
Karakteristik dari
media visual adalah unsure-unsur terdiri dari garis, bentuk, warna, dan
tekstur. Media visual terbagi dua, yaitu : media visual non-proyeksi dan media
visual proyeksi.[3]
Karakteristik
media visual non-proyeksi
Media visual non-proyeksi merupakan jenis media yang sering digunakan
dalam pembelajaran. Media visual nonproyeksi dapat menterjemahkan ide abstrak
menjadi lebih realistik. Jenis-jenis media visual nonproyeksi yaitu : gambar,
grafik, diagram, bagan, peta, lukisan, dan foto.
Media visual proyeksi
Media visual
proyeksi adalah media-media visual yang bias diproyeksi. Media-media visual proyeksi yang menampilkan
objek lebih besar dari aslinya pada layar proyeksi. Media-media proyeksi
seperti :
v Power point
v Kamera digital
Media
Audio-Visual
Karakteristik yang
menonjol dari media audio-visual adlah menggunakan alat keras selama proses
belajar mengajar.[4]
Karena media ini dapat menggunakan gambar (visual) dan suara (audio),
atau yang mampu menampilkan gambar bergerak. Media ini dapat menampilkan unsur gambar dan
suara secara bersamaan pada saat mengkomunikasikan pesan. Media audio-visual
terbagi dua macam yaitu: audio visual murni adalah unsur suara dan unsur
gambar berasal dari satu sumber, minsalnya, video dan kaset. Dan audio
visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur gambar berasal dari sumber
yang berbeda. Misalnya film bingkai suara yang unsur gambarnya berasal dari
slide proyektor dan unsur suaranya dari tape recorder.
Multimedia
Multimedia
merupakan penggabungan dua atau lebih format media yang terpadu gseperti teks,
grafik, animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu system penyampaian
dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit.[5]
·
Multimedia
content production
Multimedia
adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media yang berbeda untuk menyampaikan
informasi atau menghasilkan produk multimedia. Minsalnya, media teks, audio,
image, dan video animasi.
·
Multimedia communication
Multimedia
adalah menggunakan media (masa) seperti : televise, radio, dan internet.
C.
Klasifikasi
Media Pembelajaran
Setiap
jenis media memiliki karakteristik masing- masing dan menampilkan fungsi
tertentu dalam menunjang keberhasilan proses belajar peserta didik. Agar peran
dan sumber media belajar tersebut menunjukkan pada suatu jenis media tertentu,
maka media-media belajar itu perlu di klasifikasikan menurut suatu
metode tertentu sesuai dengan sifat dan fungsinya terhadap pembelajaran.
Pengelompokan itu penting untuk memudahkan para peseta didik dalam memahami
sifat media. Menurut Setyosari dan Sihkabudden,[6]
ada lima kategori dalam pengelompokon media pembelajaran, yaitu sebagai berikut
:
a.
Pengelompokan
Berdasarkan Ciri Fisik.
Berdasarkan cirri dan bentuk fisiknya, media pembelajaran dapat
dikelompokan dalam empat macam, yaitu :
Media
pembelajaran dua dimensi
Media pembelajaran dua dimensi adalah media tampilan yang dapat
diamati dari satu arah pandangan yang dapat dilihat hanya panjang dan lebar
saja. Penggunaannya tidak menggunakan media proyeksi. Seperti : grafik, peta,
dan papan tulis.
Media
pembelajaran tiga dimensi
Media pembelajaran tiga dimensi adalah media tampilan yang dapat
diamati dari arah manapun saja dan mempunyai ukuran panjang, lebar dan tebal
atau timggi. Seperti : gunung, mobil, rumah, dan sebagainya.
Media pandang
diam
Media pandang diam adalah media yang menggunakan media proyeksi yang hanya menampilkan gambar diam
pada layar. Misalnya foto, tulisan, gambar.
Media pandang
gerak
Media pandang gerak
yaitu media yang menggunakan media proyeksi yang dapat menampilkan gambar
bergerak dilayar, termasuk media televisi, film atau video recorder.
b. Pengelompokan Berdasarkan Pengalaman Belajar
Menurut Thomas,[7] Ia
mengelompokkan media pembelajaran menjadi tiga kelompok yaitu:
Pengalaman
langsung
Pengalaman
tiruan
Pengalaman dari
kata-kata
c.
Pengelompokan Berdasarkan
Persepsi Indera
Media audio, media yang menghasilkan bunyi, contoh radio
Media visual, media visual dua dimensi dan media visual tiga dimensi
Media
audio-visual, yang dapat menghasilkan rupa dan suara dalam satu unit
media
Media audio
motion visual, penggunan segala kemampuan audio dan visual dalam
kelas, seperti televise
Media audio
still visual, lengkap kecuali penampilan motion( tidak memiliki
gerak)
Media audio
semi-motion, media yang berkemampuan menampilkan titik- titik
tetapi tidak bisa menstramisi secara utuh suatu motion yang nyata.
Media mition
visual, silent film,
Media still
visual, gambar dan transpransi
Media audio,
telepon dan radio
Media cetak, yang hanya menapilkan informasi berupa symbol- symbol tertentu, seperti
buku.
d.
Pengelompokan
Berdasarkan Penggunaannya
Bedasarkan
jumlah penggunaannya
Berdasarkan
cara penggunaannya
Berdasarkan
hirarki menfaat media
e.
Berdasarkan Hirakri Manfaat Media
Semakin rumit jenis perangkat media yang
dipakai, semakin mahal biaya investasinya, semakin susah pengadaannya, tetapi
semakin umum penggunaannya dan semakin luas lingkup sasarannya. Sebaliknya,
semakin sederhana jenis perangkatnya, semakin murah biaya, semakin mudah
penggadaan, sifat penggunaanya semakin khusus dan lingkup sasarannya semakin
terbatas.[8]
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1.
Sudah sangat
banyak ragam dan format media yang dikembangkan dan diproduksi untuk
pembelajaran, namum pada dasarnya media tersebut dapat di kelompokkan menjadi
empat jenis, yaitu : Media Audio, media visual,
media audio-visual, dan multimedia.
2.
Pengelompokan
media pembelajaran itu sangatlah penting. Media pembelajaran diklasifikasikan
berdasarkan ciri fisik, berdasarkan pengalaman belajar, berdasarkan persepsi
indera, berdasarkan pengunaan, dan berdasarkan manfaat atau hirarki.
3.
Setiap media
pembelajaran memiliki karakteristik masing-masing itu semua berdasarkan dari
jenis media pembelajaran.
B.
Kritik dan
Saran
Demikian makalah psikologi
pendidikan yang dapat kami paparkan. Semoga barmanfa’at. Dan tentunya
makalah ini tidak terlepas dari kesalahan, kekurangan, dan kekeliruan. Oleh
karena itu penulis memohpon kritik dan saran yang bersifat membangun guna
perbaikan makalah selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Ashar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta. PT RajaGrafindo
Persada.
Asyhar,
Rayandra. 2010. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta. Gaung
Persada.
Sadiman, Arif
S. 2009. Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta.
PT Rajagrafindo Persada.
http://fatimahsukses21.blogspot.com/2012/11/klasifikasi-dan-karakteristik-media.html
cuma satu postingan... yang penting tugas selesai...
BalasHapusterima kasih sudah berbagai informasi yang berguna. Guru seharusnya
BalasHapustinggalkan cara mengajar yang monoton, beralihlah ke pembelajaran dengan media kreatif
Terimakasih informasinya. Mohon untuk dilengkapi gambar agar pembaca lebih tertarik hehe
BalasHapusLebih lengkapnya karena ditugas saya disuruh pake gambar juga hehe
Mantulll
BalasHapusSangat bermanfaat